Home » » Harga - Servis - Merakit dan Prinsip Dasar Mesin Inverter

Harga - Servis - Merakit dan Prinsip Dasar Mesin Inverter

Mesin inverter – Cara membuat – merakit dan harga alat listrik yang diperlukan. Menyikapi tentang masalah mahalnya dan terbatasnya ketersediaan aliran listrik terutama untuk daerah yang terpencil dan jauh dari jangkauan jaringan, maka kita memerlukan sebuah solusi yaitu untuk membuat sebuah alat yang nantinya bisa sebagai sumber tenaga listrik. Namun pada artikel ini hanya akan membahas cara menciptakan sumber tenaga listrik yang bisa menyediakan tegangan AC dengan bermodal aki DC.

Sebenarnya saat ini sudah banyak mesin inverter jadi dipasaran denganharga yang cukup murah seperti produk buatan china misalnya. Akan tetapi sebagian masyarakat telah menilai bahwa biasanya produk dengan label china tersebut cenderung memiliki kualitas yang kurang bagus atau mempunyai daya tahan (pakai) yang masih jauh kualitasnya di banding dengan produk built up dengan label eropa. Sebagai contoh adalah sebuah produk mesin inverter buatan china dengan label 500 watt namun pada kenyataannya tidak sanggup dibebani dengan daya 150 watt. Kalaupun dipaksakan kemungkinan besar akan terjadi kerusakan yang fatal pada komponen tertentu bahkan bisa terbakar.

Kali ini kita akan coba sedikit membuat eksperimen untuk membantu teman-teman yang ingin merakit alat atau mesin inverter sendiri dengan biaya yang relative murah. Alat inverter ini bisa digunakan untuk hal hal yang bersifat darurat namun intinya adalah memberikan pemahaman tentang cara kerja dan prinsip dasar mesin inverter yang kita pilih dengan menggunakan sumber daya aki 12 volt DC. Sebagai modal awal yang paling murah adalah dengan memilih aki sepeda motor untuk dijadikan bahan eksperimen karena lebih mudah kita dapatkan dan irit dalam pemakaiannya.

Prinsip dasar mesin inverter
Inverter adalah perangkat elektronika yang dipergunakan untuk mengubah tegangan DC (Direct Current) menjadi tegangan AC (Alternating Curent). Output suatu inverter dapat berupa tegangan AC dengan bentuk gelombang sinus (sine wave), gelombang kotak (square wave) dan sinus modifikasi (sine wave modified). Sumber tegangan input inverter dapat menggunakan battery, tenaga surya, atau sumber tegangan DC yang lain. Inverter dalam proses konversi tegangn DC menjadi tegangan AC membutuhkan suatu penaik tegangan berupa step up transformer. Contoh rangkaian dasar inverter yang sederhana dapat dilihat pada gambar berikut.




Merakit mesin inverter dengan sumber daya aki 12 volt DC.

Rangkaian inverter sederhana mempunyai tegangan tinggi dgn kapasitas yg lumayan cukup besar. Satu jenis inverter sederhana yg paling banyak digunakan ialah inverter DC 12v to AC 220v. Dengan berbagai fungsi itulah maka rangkaian inverter sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Karenanya sekarang telah banyak toko elektronik yg menjajakan inverter dengan ukuran yg kecil, harga yg murah, serta mempunyai kapasitan penyimpanan watt yg besar.

Skema rangkaian inverter dapat kita buat untuk mendapatkan spesifikasi tertentu yang tidak bisa diperoleh dipasaran ataupun sekedar ingin mendapatkan harga yang lebih hemat dengan merangkai sendiri. Kebanyakan skema rangkaian inverter yang dibuat, selalu memakai IC CD 4047 sebagai penghasil gelombang kotak-kotak. Tidak lupa IC itu harus diperkuat ampere-nya dgn memakai sejumlah transistor yakni D313 serta 2n3055 / jengkolan. Berikut contoh skema rangkaian inverter :

Cara kerja inverter secara umum memiliki kesamaan dgn komponen power supply, yakni sebagai penyuplai arus DC ke AC serta berfungsi sebagai pengubah arus DC jd tegangan AC. Sebagai contoh dalam penerapan kehidupan sehari-hari adalah, saat mati lampu kita bisa menggunakan aki mobil (DC Direct Current) untuk diubah jadi tegangan listrik PLN / AC (Alternatif Current). Dalam hal ini aki/ battery yg kita gunakan serta bebannya merupakan penentu lamanya ketahanan suatu rangkaian inverter, bukannya watt ya.

Pengertian inverter adalah suatu komponen elektronika yg bisa merubah arus AC tiga fase jadi arus DC, terus merubahnya lagi jadi arus AC tiga fasa dgn frekuensi yg dapat disesuaikan seperti kehendak penggunanya.

Fungsi inverter secara awa bisa dimanfaatkan untuk mengubah arus aki jadi arus listrik PLN, yg dengan begitu dapat dijadikan pengganti listrik saat PLN melakukan pemadaman listrik. Bisa juga dimanfaatkan untuk membangkitkan listrik di daerah yang tidak ada listrik dari PLN.

Contoh pemanfaatan rangkaian inverter pada alat-alat rumah tangga sekarang ini yaitu :

Lampu Emergency, lampu ini berfungsi sebagai cadangan pada saat listrik PLN padam. Daya yang digunakan oleh lampu emergency berasal dari baterai. Baterai hanya bisa menyimpan tegangan dc. Tegangan dc ini kemudian dijadikan menjadi tegangan jala-jala listrik rumah tangga yaitu 220 VAC menggunakan rangkaian inverter. Baterai pada lampu emergency harus dicharge menggunakan rangkaian charger baterai supaya bisa meyimpan daya listrik yang cukup.

UPS, alat listrik satu ini sangat penting digunakan di kantor-kantor. UPS ini berfungsi untuk mencegah peralatan listrik padam pada saat tegangan listrik dari PLN padam. Sehingga komputer-komputer yang sedang beroperasi dan sedang mengolah data-data penting tidak kehilangan datanya karena kehilangan daya listrik. Prinsip kerja dari UPS ini sebenarnya hampir sama dengan prinsip kerja pada lampu emergency, yaitu menggunakan battery dan rangkaian inverter. Hanya saja rangkaian pada lampu emergency lebih sederhana dibanding pada rangkaian di UPS.

Mesin Las Inverter 

Las inverter adalah sebuah alat alternatif pengganti transformator las konvensional. Semikonduktor modern memungkinkan untuk menggantikan sumber listrik tradisional transformator pulsa, yang mana,bila kita menggunakan las inverter jauh lebih ringan, lebih kecil dan memungkinkan untuk kontrol yang mudah melalui potensiometer. Dengan out put yg dapat di sesuai kan untuk DC atau pun AC. Dengan pengelasan arus DC lebih baik dan mengurangi bahaya kejut listrik dibandingkan dgn arus AC.