Perhitungan Ranking Alexa Kacau

Melihat ranking alexa menunjukkan nilai yang sangat ramping bisa di artikan bahwa popularitas akan sebuah blog atau website tersebut sudah memiliki pengunjung yang stabil. Ini hanyalah sebuah asumsi yang sering diutarakan oleh para bloger dan banyak di jumpai pada blog blog tutorial seputar SEO. Untuk menguji kebenaran akan hal ini sebenarnya tidak ada tool yang secara pasti bisa dijadikan sebuah  pedoman bahwa jika nilai alexa yang ramping bahwasannya memastikan kalau sebuah situs web telah berhasil memiliki trafik stabil. 

merampingkan-ranking-alexa
Jika kita memperhatikan situs situs besar yang telah begitu popular memang wajar jika rank alexa yang ditampilkan sangat fantastis. Akan tetapi lain cerita jika kita melakukan penelitian terhadap blog yang terhitung masih baru di bangun dan belum memiliki trafik stabil. Kenapa saya mengatakan hal demikian karena saya telah banyak melakukan uji coba dan mengumpulkan data mengenai status blog blog yang pernah saya build sendiri. Akurasi perhitungan yang ditampilkan oleh alexa tidak sepenuhnya bisa dipercaya begitu saja. 

Sebagai bahan sample uji yang saya gunakan adalah 2 buah blog dengan dua buah top level domain dan self hosting. 

Blog A dengan spesifikasi :
Wordpress
Domain age 5 bulan
Artikel 200 buah ( 50% copas) Non Optimasi
 Histat 10 sampai 20 uv. Dengan pv 1,5 -2
Backlink 5 (check via alexa links in)
Rank alexa  4,270,000 
Blog B dengan spesifikasi:
Wordpress
Domain age 3 bulan
Artikel 60 buah (95% Original) Optimasi Off page On page
Histat 50 sampai 100 uv. Dengan pv 1,5 -3
 Backlink 9 (check via alexa links in)
 Rank alexa  15,700,000


Dari data 2 buah sample blog di atas saya menjadi memiliki banyak pertanyaan yang sangat membuat penasaran. Apa sebenarnya yang sangat mempengaruhi perhitungan nilai ranking alexa ? Kenapa banyak bloger yang berlomba lomba ingin merampingkan rank alexa? 

Sudah begitu jelas bahwa apa yang saya dapati dengan contoh kedua sample blog tersebut menjadikan saya kurang begitu percaya dan tidak mau ambil pusing lagi mengenai status ranking alexa. Dari kebanyakan para bloger masih banyak bahkan sangat giat membangun seo dengan berpedoman hasil penilaian yang diberikan oleh alexa. Tidak berhenti sampai disini saja bahkan pihak pengiklan (khusus iklan mandiri) sendiri juga memerlukan laporan alexa sebagai bahan dasar persetujuan agar dapat membeli slot iklan yang di tawarkan oleh pemilik blog atau website.

Siapa yang tidak pernah melihat atau mengintip rank alexa yang dimiliki oleh situs besar, tentu bagi semua bloger akan mengidamkan blog yang dikelolanya bisa mencapai popularitas dan memiliki alexa yang kecil (ramping) kadang untuk di pamerkan dari beberapa blog ada yang suka melakukan hal ini. Tetapi untuk saya pribadi setelah mengetahui hasil yang saya dapatkan melalui optimasi dan riset kedua buah sample blog di atas, saya telah memutuskan untuk tidak begitu peduli dengan ranking alexa. Finalnya adalah, aktifitas bloging adalah sebagai media berbagi informasi yang bermanfaat dengan harapan ada pengunjung yang dapat menemukan apa yang mereka cari dengan tepat, dan dengan hal ini secara otomatis dari satu pengunjung itulah nama blog kita akan dikenal bahkan tidak jarang akan dibantu untuk disebarkan secara sukarela.
LihatTutupKomentar