Mengutip
dari situs newmotic.com yang mengulas tentang
beragam aspek mengenai motor matic yang saat ini sudah menjadi kendaraan
masyarakat karena terbilang paling nyaman dan cocok untuk semua golongan baik
wanita pria remaja dan orang tua.
Motor matic
memang dinilai paling mudah dalam penggunaanya karena tanpa harus memikirkan
perpindahan transmisi sehingga sangat tepat dikendarai dalam situasi jalanan
apapun.
Tentunya
akan lebih nyaman lagi ketika memasuki jalan raya kota yang notabene cenderung
dilanda dengan kemacetan maka mengendarai motor matic akan lebih santai hanya
cukup puntir gas dan main rem saja.
Hal hal yang perlu diperhatikan khsusunya pada motor matic
Sangat jauh
berbeda dengan sistem motor bertransmisi manual, kendaraan skutik ini memiliki
sebuah baguian mesin bernama box cvt yang didalamnya terdapat beragam komponen
pemindah daya selayaknya gear dan rantai pada motor manual.
Pada bagian
inilah pemilik skutik harus lebih memberikan perhatian karena selain harga
komponen yang masih terbilang mahal, spare part di bagian box cvt berperan
sangat vital terhadap kinerja motor matic.
Banyak
sekali masalah yang timbul hanya akibat dari keteledoran sang pemiliki skutik
atau lalai untuk menjaga komponen didalam box cvt dengan melakukan perawatan
secara berkala.
Contohnya
untuk V-belt memiliki usia pakai maksimum sampai 24 ribu KM yang mana setelah
mencapi batas ini maka hendaknya sudah dilakukan penggantian agar kinerja mesin
tetap optimal.
Adapun
maslah lainnya seperti mesin motor matic bergetar
yang juga ditimbulkan oleh beberapa komponen didalam box cvt yang sudah
mulai aus diantaranya adalah:
- · Mangkuk kopling ganda kotor atau aus
- · Roler sudah tidak simetris
- · V- belt mulai kendor (retak)
- · Kopling ganda tipis
Selain itu
perawatan rutin juga sangat penting pada penggantian oli secara berkala baik
oli mesin maupun oli gear box.
Untuk
mengetahui oli terbaik dan sesuai dengan standart yang direkomendasikan oleh
pabrikan, maka pada situs newmotic.com
juga mengulas tentang hal ini secara detail.
Kemudian
kesalahan yang paling fatal dan ini kerapkali tidak disadari oleh kebanyakan
pengguna motor matic adalah:
Beban yang berlebihan – Kendaraan skutik ini sangat tidak
dianjurkan dibebani dengan penumpang yang berlebihan karena akan memperpendek
usia komponen khususnya pada bagian box cvt.
Selain itu
resiko lain yang ditimbulkan adalah borosnya penggunaan bahan bakar akibat
beban kendaraan yang diluar batas.
Modifikasi yang salah – Melakukan ubahan pada skutik
sebaiknya tidak terlalu extreme seperti menganti ukuran ban yang terlalu besar
atau bahkan terlalu kecil.
Ukuran ban
terlalu besar justru akan membuat performa motor menurun sebab daya yang
dibutuhkan semaki besar sehingga tarikan akan lebih berat.
Begitupula
ketika mengganti ban dengan tapak kecil yang mana ini akan mengganggu
stabilitas kendaraan sehingga control maneuver serta handling menjadi kurang
nyaman dikendarai apalagi pada saat kecepata tinggi.