Home » » Cara meningkatkan pengunjung blog dengan cepat

Cara meningkatkan pengunjung blog dengan cepat

Menemukan cara untuk meningkatkan pengunjung blog dengan mudah dan cepat adalah sebuah proses paling rumit dalam perjalanan dunia bloging. Sebagus dan semahal apapun tampilan serta biaya anda untuk membangun website, semuanya akan menjadi kurang sempurna jika nyaris tanpa ada pengunjung yang singgah untuk melirik blog atau website anda.

Berapa jumlah pengunjung blog yang anda dapatkan setiap hari? dan berasal dari mana trafik itu datang? kesemua itu merupakan hal mutlak yang patut untuk diketahui oleh pemilik blog karena akan menjadikan data penting sebagai sumber informasi tentang statistik yang berfungsi untuk proses optimasi selanjutnya.

Sumber trafik yang berhasil masuk ke dalam sebuah blog bisa berasal dari mesin pencari (serch engine), sosial media, maupun secara direct atau pengunjung yang mengetikkan langsung alamat blog pada browser. Dari 3 contoh sumber trafik pengunjung blog tersebut merupakan contoh dasar yang sebenarnya masih terbagi menjadi sub sub lebih detail tentang asal datangnya trafik hingga mencapai konten pada sebuah blog atau website.

Cara meningkatkan trafik pengunjung blog
Dan perlu diketahui juga bahwa sumber trafik secara mendasar tersebut memiliki kebaikan dan keistimewaan masing masing dan kesulitan yang berbeda pula dalam menciptakannya. Sumber trafik yang berasal dari mesin pencari tentunya adalah pengunjung yang datang karena mereka menemukan sebuah kata kunci (keyword) yang tepat dan relevan dengan isi konten blog anda. Pengunjung blog type ini adalah yang paling istimewa diantara jenis sumber trafik yang lain karena didapat dengan murni yang berhubungan dengan kualitas konten. Namun bagi seorang pemula, mungkin akan menemukan banyak kesulitan untuk bisa mendapatkan trafik jenis ini dalam waktu yang singkat karena ketatnya persaingan dengan para master yang telah mahir dan berhasil menempati posisi terbaik.

Type trafik dari sosial media adalah karena mereka datang menuju pada sebuah blog dengan adanya link yang secara sengaja di sodorkan di hadapan mereka entah akan di ikuti ataupun akan di abaikan. Sebagai contoh adalah seorang bloger yang hoby share link artikel ke update facebook atau twitter. Jika mereka memiliki teman di akun sosial media tersebut berjumlah ribuan, paling tidak beruntung nya, pasti ada beberapa yang akan melakukan klik terhadap link dan sampailah pada konten anda. Sesampainya pada konten, pengunjung type ini biasanya sangat acuh, karena sesungguhnya mereka memang tidak sedang mencari informasi itu dengan serius, namun hanya karena kebetulan di sajikan jadi apa salahnya untuk di lihat. Maka dari itu tidak heran jika pengunjung blog yang berasal dari sosial media cenderung hanya klik, melihat gambar, merasa artikel tidak membuat penasaran, lalu pergi lagi. inilah yang mengakibatkan bounce rate blog mejadi tinggi dan penyebab utama ranking blog anda menurun.

Sumber trafik yang paling mahal dan sangat sulit didapatkan adalah direct trafik dimana pengunjung yang datang menuju blog anda melalui cara langsung mengetik URL Blog anda pada browser atau blog anda telah berada pada daftar bookmark mereka. Mengapa trafik seperti ini dikatakan sangat sulit didapat? Ya tentu saja, sangat jarang seorang pengunjung melakukan cara ini apalagi jika blog anda belum terkenal dan pengunjung tersebut belum menemukan informasi yang sangat mereka perlukan sehingga nama blog anda tidak menjadikan salah satu sumber informasi terpercaya bagi mereka.

Dari ketiga jenis sumber trafik di atas, saya lebih mengutamakan yang nomor satu yaitu sumber trafik yang berasal dari mesin pencari terutama google. Saya beralasan jika pengunjung yang datang dari serch engine, berarti konten yang saya publikasikan telah berhasil mengikuti dan menang dalam kompetisi di antara blog dan website dengan target keyword (kata kunci) yang saya bidik. Untuk selanjutnya jika pengunjung bisa menemukan kepuasan, saya optimis salah satu di antara 1000 pengunjung tersebut pasti ada yang membantu secara gratis untuk membagikan konten kita kepada sosial media. Kesimpulannya adalah, jika optimasi blog anda telah sukses mencapai page 1 halaman google, sudah secara otomatis akan mendapatkan trafik original (organik) yang juga akan di susul dengan datangnya trafik dari sosmed dan direct secara perlahan namun pasti.

Baik sobat semua, sedikitnya kita telah mengenal beberapa type trafik yang akan menjadi nyawa untuk sebuah blog yang dengan susah payah telah kita bangun. Kembali pada pokok bahasan utama yaitu bagaimana cara mendatangkan serta cara meningkatkan pengunjung blog dengan cepat? Di sini jawaban untuk trik dan tips cara cepat meningkatkan trafik atau pengunjung blog. Semoga bermanfaat.


0 comments:

Post a Comment