Penting Untuk Diketahui Bagi Semua Pemilik Motor Matic Agar Skutiknya Lebih Awet



Merawat Motor Matic Lebih Awet
Mengutip dari situs newmotic.com yang mengulas tentang beragam aspek mengenai motor matic yang saat ini sudah menjadi kendaraan masyarakat karena terbilang paling nyaman dan cocok untuk semua golongan baik wanita pria remaja dan orang tua.

Motor matic memang dinilai paling mudah dalam penggunaanya karena tanpa harus memikirkan perpindahan transmisi sehingga sangat tepat dikendarai dalam situasi jalanan apapun.

Tentunya akan lebih nyaman lagi ketika memasuki jalan raya kota yang notabene cenderung dilanda dengan kemacetan maka mengendarai motor matic akan lebih santai hanya cukup puntir gas dan main rem saja.

Hal hal yang perlu diperhatikan khsusunya pada motor matic

Sangat jauh berbeda dengan sistem motor bertransmisi manual, kendaraan skutik ini memiliki sebuah baguian mesin bernama box cvt yang didalamnya terdapat beragam komponen pemindah daya selayaknya gear dan rantai pada motor manual.

Pada bagian inilah pemilik skutik harus lebih memberikan perhatian karena selain harga komponen yang masih terbilang mahal, spare part di bagian box cvt berperan sangat vital terhadap kinerja motor matic.

Banyak sekali masalah yang timbul hanya akibat dari keteledoran sang pemiliki skutik atau lalai untuk menjaga komponen didalam box cvt dengan melakukan perawatan secara berkala.

Contohnya untuk V-belt memiliki usia pakai maksimum sampai 24 ribu KM yang mana setelah mencapi batas ini maka hendaknya sudah dilakukan penggantian agar kinerja mesin tetap optimal.

Adapun maslah lainnya seperti mesin motor matic bergetar yang juga ditimbulkan oleh beberapa komponen didalam box cvt yang sudah mulai aus diantaranya adalah:

  • ·        Mangkuk kopling ganda kotor atau aus
  • ·        Roler sudah tidak simetris
  • ·        V- belt mulai kendor (retak)
  • ·        Kopling ganda tipis

Selain itu perawatan rutin juga sangat penting pada penggantian oli secara berkala baik oli mesin maupun oli gear box.

Untuk mengetahui oli terbaik dan sesuai dengan standart yang direkomendasikan oleh pabrikan, maka pada situs newmotic.com juga mengulas tentang hal ini secara detail.

Kemudian kesalahan yang paling fatal dan ini kerapkali tidak disadari oleh kebanyakan pengguna motor matic adalah:

Beban yang berlebihan – Kendaraan skutik ini sangat tidak dianjurkan dibebani dengan penumpang yang berlebihan karena akan memperpendek usia komponen khususnya pada bagian box cvt.

Selain itu resiko lain yang ditimbulkan adalah borosnya penggunaan bahan bakar akibat beban kendaraan yang diluar batas.

Modifikasi yang salah – Melakukan ubahan pada skutik sebaiknya tidak terlalu extreme seperti menganti ukuran ban yang terlalu besar atau bahkan terlalu kecil.

Ukuran ban terlalu besar justru akan membuat performa motor menurun sebab daya yang dibutuhkan semaki besar sehingga tarikan akan lebih berat.

Begitupula ketika mengganti ban dengan tapak kecil yang mana ini akan mengganggu stabilitas kendaraan sehingga control maneuver serta handling menjadi kurang nyaman dikendarai apalagi pada saat kecepata tinggi.
LihatTutupKomentar